Indera Penglihatan Anjing

Indera penglihatan anjing tidak setajam manusia. Namun anjing memiliki ketajaman penglihatan dalam mendeteksi gerak. Objek yang bergerak dengan cepat dan tepat dapat ditangkap oleh mata anjing.

Indera Pendengaran Anjing

Bagi anjing, indera pendengaran adalah indera penting kedua setelah indera penciuman. Jika indera penciuman langsung bekerja setelah anak anjing lahir, saluran indera pendengaran mulai terbuka pada hari ke-11 dan mulai bekerja terhadap rangsangan suara pada hari ke-17.

Jenis Anjing Golden Retriever

Ada 2 tipe anjing Golden Retriever yang populer di dunia. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda. Mereka adalah tipe amerika dan tipe inggris

Tahap Perkembangan Indera Penciuman Anjing

Seorang ilmuwan pernah mengadakan penyelidikan tentang reaksi-reaksi indera dari 5 ekor anjing sejak lahir hingga berusia 3 bulan. Dari hasil penyelidikannya didapatkan bahwa indera penciuman pada anjing sudah bekerja segera setelah anjing dilahirkan. Ini tahapan perkembangannya

Penglihatan

Anjing dulunya disangka dikromatis, sehingga bisa disebut buta warna menurut standar manusia. Tapi penelitian justru menunjukkan anjing bisa melihat beberapa warna, walaupun tidak seperti yang dilihat manusia.

Indera pendengaran

Anjing bisa mendengar suara frekuensi rendah 16 hingga 20Hz (manusia hanya mendengar frekuensi 20-70 Hz), dan suara frekuensi tinggi dari 70 kHz hingga 100 kHz (manusia hanya mendengar frekuensi 13-20 kHz). Jumlah ini termasuk cukup bagus, namun masih kalah dari pendengaran kucing.

Indera penciuman

Anjing memiliki hampir 220 juta sel penciuman yang sensitif terhadap bau. Luasnya kira-kira selebar sapu tangan, sangat luas bila dibandingkan sel penciuman yang dimiliki manusia. Sebagai pembanding, manusia hanya memiliki 5 juta sel penciuman yang menempati luas selebar perangko.

Ukuran dan Penampilan

Anjing ras sangat bervariasi dalam ukuran, penampilan dan tingkah laku dibandingkan dengan hewan peliharaan yang lain. Sebagian besar anjing masih mempunyai ciri-ciri fisik yang diturunkan dari serigala. Anjing adalah hewan pemangsa dan hewan pemakan bangkai, memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang, menggigit, dan mencabik-cabik makanan

Kecerdasan Anjing

Orang senang memelihara anjing karena anjing binatang yang pintar. Anjing dianggap mempunyai kecerdasan yang cukup tinggi menurut penelitian ilmiah dan bukti-bukti lapangan.