American Cocker Spaniel, Si Pemburu

american cocker spaniel

American Cocker Spaniel adalah anjing trah pemburu dari daratan Inggris. Dipakai untuk menghalau burung-burung keluar dari semak-semak, sehingga tuannya bisa menembak buruannya. American Cocker juga adalah anjing pemburu yang handal di berbagai macam lapangan perburuan, mereka akan duduk dengan tenang ditengah suara senapan, dan menunggu perintah mengambil hewan buruannya.

Ciri khas American Cocker Spaniel adalah matanya yang berwarna gelap dan ekspresif, yang menunjukkan kegembiraan, kasih sayang dan nalurinya yang aktif, memiliki jenis telinga tergantung. Seekor Cocker dewasa ditandai dengan bulunya yang mengembang dan lembut. Cocker Spaniel berasal dari kegunaannya sebagai anjing untuk beburu woodcock, sejenis burung liar yang biasa diburu di Inggris. Sekarang, anjing ini dipakai untuk berburu berbagai jenis burung dan unggas air.

Ciri fisik

  1. Warna bulu Cocker Spaniel biasanya satu warna solid atau particolor (dua warna atau lebih). Warna solid biasanya hitam, krem muda, merah gelap dan coklat. Untuk warna bulu particolor salah satunya biasanya putih.
  2. Bulu lembut, bisa kurus atau sedikit bergelombang. Bulu pendek dan baik di bagian kepala, bulu panjang medium di bagian tubuh, bulu panjang dan mengembang di daun telinga, dada, perut, dan kaki.
  3. Tinggi ±36,25 – 38 cm (jantan), 33,75 – 36,8 cm (betina) dan berat ± 7 – 14 kg.
  4. Moncong berbentuk segi empat dengan stop yang jelas di antara ujung hidung dan occiput. Tulang pipi tidak terlalu jelas. Hidung cukup lebar yang menunjukkan kekuatan penciuman.
  5. Mata bulat, berwarna coklat gelap atau coklat, tidak pernah berwarna terang. Mata mengekspresikan kecerdikan dan kebaikan.
  6. Telinga terletak rendah sejajar dengan mata. Daun telinga tertutup bulu panjang yang lembut.
  7. Rahang kuat dengan gigi yang scissor bite dan leher panjang medium, berotot.

Anjing ini memiliki hubungan yang baik dengan anak kecil maupun dengan hewan lain. Pembawaannya riang gembira, lemah lembut dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *